PEMBELAJARAN AKSARA LAMPUNG MELALUI MULTI MEDIAUNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Dharlinda Suri STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

aksara Lampung, multimedia, media

Abstract

Guru harus mampu mengintegrasikan materi pembelajaran dengan contoh konkret yang sesuai dengan budaya daerah setempat. Selain perlu memasukkan unsur budaya lokal dalam bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal yang akan dikembangkan, pemilihan bahan ajar dianggap penting.Pembelajaran ini akan lebih menarik jika kehadiran teknologi multimedia membuka era baru dalam perkembangan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.Dalam pembelajaranini teknologi multimedia yang digunakan adalahAnimasi Pengenalan Aksara Lampung. Pada umumnya pembelajaran aksara Lampung disekolah dasar masih banyak yang terpusat pada gurusehingga kegiatan belajar mengajar lebih menekankan kepada pengajaran bukan pembelajaran. Peran guru sangat menjadi dominan dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran.Siswa akan lebih memahami materi pembelajaran apabila guru mampu mengintegrasikan materi pembelajaran sesuai budaya daerah.Bahan ajar yang dinilai mampu menarik perhatian siswa adalah bahan ajar elektronikberupa animasi pembelajaran aksara Lampung untuk Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Suri, D. . (2022). PEMBELAJARAN AKSARA LAMPUNG MELALUI MULTI MEDIAUNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI LAMPUNG. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 2(1), 35–50. Retrieved from https://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/24